10 Desa di Cirebon Akan Mengalami Hari Tanpa Hujan Sangat Panjang

oleh

JURNALCIREBON.COM — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, memprediksikan ada sepuluh desa di wilayah Cirebon akan mengalamj hari tanpa hujan sangat panjang. Wilayah tersebut akan menghadapi kekeringan ekstrem.

“Pada musim kemarau ini ada sepuluh desa yang masuk kategori hari tanpa hujan sangat panjang di wilayah Cirebon,” kata prakirawan BMKG Stasiun Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn di Majalengka, Kamis (30/8).

Faiz mengatakan, sepuluh desa yang terjadi kekeringan ekstrem itu terdapat di Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Majalengka. Dia menjelaskan, sepuluh desa dengan hari tanpa hujan sangat panjang di kisaran 116 hari yaitu Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon dan Kelurahan Kesunean, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Sementara Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, berpotensi terjadi hari tanpa hujan selama 115 hari. “Selain itu, desa-desa di wilayah Majalengka bagian selatan seperti Desa Banjaran, Talaga, Rawa, Sunia, Cikijing dan Desa Majalengka diperkirakan hari tanpa hujannya berkisar antara 85 sampai 89 hari,” ujarnya. (JC/antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *