Bandara Kertajati Majalengka Buka 14 Rute Penerbangan Baru

oleh

Jurnalcirebon.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan membuka 14 rute baru, baik domestik, regional maupun internasional.

Direktur Utama BIJB Kertajati, Virda Dimas Ekaputra menyebutkan rute penerbangan domestik antara lain tujuan Bali, Medan, Ujungpandang, dan Balikpapan.

Penerbangan regional ditargetkan untuk tujuan Singapura dan Malaysia. Sedangkan rute penerbangan internasional untuk pemberangkatan umrah dengan tujuan Madinah. “Seluruh rute itu usulan kami, karena berdasarkan survei trafiknya tinggi, sehingga sesuai kebutuhan masyarakat,” katanya.

Mengenai dua rute penerbangan, lanjut dia, rencananya dimulai bulan ini. Maskapai Lion Air yang akan melayani rute penerbangan tersebut.

“Rute penerbangan domestik itu tujuannya Bali dan Kualanamu. Sedangkan rute penerbangan ke Tiongkok dan Jepang direncanakan dibuka pada September 2018,” paparnya.

Namun, ia masih enggan menyebutkan maskapai yang akan melayani dua penerbangan ke luar negeri itu. “Penerbangan umrah rencananya dimulai Oktober 2018 menggunakan pesawat tipe Boeing 737 Max 8 dari Lion Air,” tuturnya.

BIJB sendiri, kata dia, menargetkan 18 ribu penumpang pada tahun pertama beroperasi. Ia mengaku optimistis target itu bisa tercapai. Ia yakin jumlah penumpang akan meningkat seiring bertambahnya rute penerbangan dari dan ke BIJB Kertajati.

Saat ini, bandar udara yang tengah beroperasi itu baru melayani rute penerbangan ke Surabaya dan sebaliknya. Maskapai Citilink melayani penerbangan satu kali sehari sejak Juni 2018.

“Kami yakin target 18 ribu penumpang itu akan tercapai pada Juni 2019,” tuturnya.

Selain itu, BIJB Kertajati direncanakan mulai melayani penerbangan umrah pada Oktober 2018. Pesawat tipe Boeing 737 Max 8 milik maskapai Lion Air yang akan melayani rute penerbangan ke Tanah Suci itu.(JC/PRLM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *