Dongkrak Partisipasi Pemilu, B-Trust Bidik Lansia dan Difabel

oleh

fgd kuninganKuningan-Untuk mendongkrak partisipasi dalam pemilihan umum (pemilu), lembaga pendidikan politik B-Trust fokus menyelenggarakan sosialisasi kepemiluan bagi para lansia dan kaum difabel.

“Kami menargetkan angka partisipasi pemilu dari kaum ini bisa mencapai 1000 orang dari setiap kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat,” ujar Koodinator B-Trust, Dadang Sudarja sela-sela kegiatan pembekalan bagi fasilitator pendidikan pemilih di Aula Kelurahan Kuningan.

Dia menyatakan, salah satu faktor tingginya angka golongan putih (Golput) pada setiap penyelenggaraan Pemilu di Indonesia adalah karena tidak terfasilitasinya aksesibilitas fisik bagi kaum lansia dan difabel.

“Selama ini keberadaan kaum lansia dan difabel sebagai kelompok marginal kurang mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat, termasuk dalam hal diseminasi pemilu dan pendidikan pemilih,” ujar dia.

Dadang menyebutkan, jumlah lansia dan difabel di Jawa Barat saat ini mencapai 2 juta jiwa. Jumlah tersebut sangat potensial dalam memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan Pemilu. “Karenanya, kami gencar mengadakan program sosialisasi dan pendidikan dan pendampingan bagi kelompok marginal ini,” tegas dia.

Sementara itu anggota KPU Kuningan Dedi Mutiadi menyampaikan apresiasinya dengan upaya sosialisasi pemilu terhadap para lansia dan difabel yang dilakukan B-Trust. “Angka partisipasi Pemilu pada Pilkada Kuningan beberapa waktu lalu mencapai hampir 64% dan diharapkan akan terus meningkat,” tandas Dedi. (ceepo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *