Hebat, Belum Kantongi Izin Minimarket Nekat Dibangun di lingkungan Pasar

oleh

CIREBON, (JCO) – Meski belum mengantongi dokumen perizinan, sebuah minimarket nekat di bangun di lingkungan Pasar Guwa Kidul Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Pengembang nekat membangun mini market meski mendapat penolakan dari para pedagang pasar.

Pantauan jurnalcirebon.com Rabu (10/1/2018) proses pembangunan mini market yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari pasar desa mulai berjalan meski baru mengantongi izin tetangga. Pembangunan toko modern ini dikecam para pedagang kecil karena dinilai telah menyalahi ketentuan mengenai pendirian minimarket yang tidak boleh dibangun dekat pasar tradisional dan usaha kecil sejenis.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon, Dini Dinarsih mengaku tidak akan mengeluarkan rekomendasi untuk pendirian minimarket yang tidak sesuai dengan ketentuan.

“Alfamart atau Indomart tidak akan seenaknya membangun (mini market), kalau belum ada sinyal hijau dari kita.
BPPT (dinas perizinan) juga kalau kita tidak mengeluarkan rekomendasi mereka tidak akan mengeluarkan izin,” tegas Dini.

Sementara itu hasil penelusuran jurnalcirebon.com di Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Cirebon sejauh ini belum ada berkas pengajuan izin pembangunan mini market di Desa Guwa Kidul. “Untuk Alfamart di Guwa Kidul kita belum terima berkasnya. Mungkin masih mengajukan rekomendasi di Disperindag, mas” ujar petugas bagian perizinan mini market, Ajat.

Menurut dia untuk menempuh perizinan pendirian minimarket di Dinas Perizinan harus melalui sejumlah tahap. Antara lain pengarahan fatwa lokasi untuk mengantongi izin fatwa, izin mendirikan bangunan, dan izin gangguan. “Jadi selain harus ada rekomendasi dari dinas perdagangan juga harus mengantongi izin fatwa, izin mendirikan bangunan dan izin gangguan (HO),” ujar dia. (Amar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *