Ini Penampakan Sungai Kumpul Kuista Saat Kemarau

oleh

CirebonĀ – Musim kemarau panjang membuat sejumlah sungai dan saluran irigasi mengering. Seperti Sungai Kumpul kuista yang melintasi Desa Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kab. Cirebon.

Berdasarkan pantauan JurnalCirebon Senin (14/9), selama kurun waktu beberapa bulan terakhir kondisi sungai kering kerontang. Padahal selama ini air yang mengaliri sungai ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pengolahan air minum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kecamatan Kapetakan.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku air minum, sumber dari sungai ini juga dimanfaatkan petani yang ada di sekitar aliran sungai. Namun karena kekeringan petani pun tak lagi bisa mengairi lahan pertanian mereka. Namun, kondisi demikian tak menyurutkan petani untuk terus berusaha mencari sumber-sumber air.

Mereka pun membuat sumur-sumur bor di daerah aliran sungai demi untuk mengairi sawah mereka. Wal hasil upaya mereka pun tak sia-sia karena ternyata sumur bor yang mereka buat sedikitnya bisa membantu menyelamatkan lahan pertanian di sekitar aliran sungai dari ancaman puso.

Karenanya meskipun aliran sungai kering di sepanjang sisi Sungai Kumpul kuista banyak dipasang mesin pompa untuk memompa air dari sumur bor ke lahan pertanian petani atau pun untuk dijual untuk kebutuhan MCK. (Jc02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *