Kapolres Cirebon Kota Diminta Tindak Tegas Polisi Nakal

oleh

Jurnalcirebon.com – Praktik pungutan liar yang masih kerap dilakukan oknum anggota polisi dinilai merusak citra institusi kepolisian sebagai sahabat masyarakat yang tengah dibangun Polri.

Nyatanya, masyarakat banyak yang resah dengan oknum polisi yang kerap kali melakukan praktik pungli seperti saat melakukan razia kendaraan bermotor dan dalan pembuatan SIM di Cirebon.

“Kapolres harus berani menindak tegas anak buahnya yang melakukan pungli. Jika dibiarkan akan merusak citra polisi sebagai pengabdi, pengayom dan pelayan masyarakat,” tegas Hermawan, Wakik Ketua Forum Bela Negara RI Cirebon kepada jurnalcirebon.com, Senin (12/3/18).

Dia menyayangkan masih maraknya kasus pungli seperti dalam pelayanan pembuatan SIM dan pungli saat razia kendaraan bermotor seperti dialami Mila (19), mahasiswi IAIN Syech Nurjati Cirebon yang dimintai uang Rp 400 ribu oleh oknum anggota polantas saat terjaring razia di Pos Polisi Gunungsari Cirebon.

“Kapolres harus berani menindak anggotanya yang sama mahasiswi saja berani memeras. Bahkan menantang akan memberikan uang Rp5 juta kalau dirinya bisa dipecat,” tandas Hermawan.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Syafruddin tak menampik masih ada oknum kepolisian yang melakukan pungli karena menurutnya gaji anggota kepoliisian selama ini masih rendah.

Karenanya Syafrudin mendukung wacana kenaikan gaji agar bisa meredam pungutan liar yang tak jarang dilakukan oknum kepolisian. “Oh bagus. Bagus supaya anak buah saya tidak pungli kalau gajinya naik,” ujar Syafruddin seperti dikutip CNN, Jumat (9/3). (Amar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *