Kasihan Sudah 4 Hari Bayi ini “Ditahan” di RSUD Waled

oleh

MALANG benar bayi usia enam hari asal Desa Panggangsari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon ini. Sudah empat hari si bayi ditahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled karena orang tuannya tak mampu membayar biaya persalinannya.

Walau biaya yang harus ditanggung hanya Rp2 juta, namun orang tua bayi yang berasal dari keluarga miskin ini tak mampu membayarnya. “Sudah empat hari anak saya ditahan pihak rumah sakit. Saya tidak punya biaya untuk menebusnya,” ujar Dayanti, orang tua bayi dengan mata berkaca-kaca.

Dia sangat berharap ada pihak yang membantu agar putra tercintanya bisa segera dibawa pulang. “Kasihan sudah empat hari anak saya ditinggal sendirian di rumah sakit,” ratap wanita yang sehari-hari tinggal di sebuah gubug di bantaran Sungai Ciberu Desa Panggang Sari, Kecamatan Losari.

Meski dirinya memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan termasuk peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial pihak rumah sakit tetap menolak kartu BPJS yang diajukan. “Alasannya sudah lewat 3 hari sehingga tidak bisa pakai BPJS dan otomatis terdaftar sebagai pasien umum,” jelas Dayanti.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak RSUD Waled terkait bayi dari keluarga sangat miskin yang “ditahan” gara-gara tidak mampu membayar biaya persalinan rumah sakit. (SAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *