oleh

KNKT Belum Bisa Pastikan Penyebab Jatuhnya Pesawat Cesna

-Tak Berkategori-107 views

CIREBON – Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Rabu Siang Mulai Melakukan Investigasi Terhadap Pesawat Latih Cesna – 172 milik Angkasa Aviation Academy yang jatuh di Blok Sinabe, Desa Mundu Masigit, Mundu, Kabupaten Cirebon. KNKT membutuhkan waktu untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

Petugas KNKT, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi ini langsung melakukan investigasi di lokasi kejadian jatuhnya pesawat latih jenis Cesna – 172, di areal persawahan desa Mundu Masigit, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Proses investigasi tersebut diawali dengan memeriksa mesin pesawat, petugas memisahkan mesin pesawat dan body pesawat untuk ditarik ke pematang sawah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pemeriksaan terhadap adanya dugaan mesin mati, saat pesawat tersebut sedang digunakan untuk berlatih diatas ketinggian seribu kaki.

Selain memeriksa kondisi kelaikan mesin, petugas KNKT juga memeriksa kondisi bangkai pesawat yang hancur akibat benturan hebat. Tim KNKT juga terus mengumpulkan keterangan dari sejumlah petani untuk dijadikan saksi yang menyaksikan detik – detik jatuhnya pesawat latih 172 ini.

Seluruh data dan barang-barang yang berhasil dikumpulkan dilokasi kejadian ini akan menjadi bukti penyebab jatuhnya pesawat latih milik perusahaan Angkasa Aviation Academy. Hingga saat ini belum dapat diketahui hasil dari penyelidikan tim KNKT itu.

Pesawat latih dengan dua awak yang terdiri dari satu pilot atau instruktur dan satu orang siswa tersebut terbang dari bandara Penggung Cirebon untuk kegiatan pelatihan penerbangan. Nahas, saat berada diketinggian 1000 kaki pesawat tersebut mengalami mati mesin, hingga terjatuh di areal persawahan di desa Mundu Cirebon. Beruntung dua awak terselamatkan, usai pesawat yang ditumpanginya terjatuh di areal persawahan milik warga. (JC02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *