Kompak Dukung Petahana, 9 Sekdes Terancam Sanksi Pidana

oleh

jurnalcirebon.com – 9 Sekretaris Desa se-Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon kompak menyatakan komitmennya untuk mendukung calon petahana dalam Pilkada Kabupaten Cirebon pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dalam surat pernyataan yang beredar luas di media jejaring sosial ke-9 sekdes se-Kecamatan Kaliwedi membubuhkan tanda tangan dan menyatakan kesiapannya mendukung pasangan nomor 2 Sunjaya-Imron. Surat pernyataan tersebut ditandatangani pada 20 Februari 2018 lalu.

Padahal jelas, sanksi pidana untuk perangkat desa yang terlibat dalam kancah politik praktis tercantum dalam Pasal 189 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Pasal 189 tersebut berbunyi;”Calon gubernur, calon bupati, dan calon wali kota yang dengan sengaja melibatkan pejabat badan usaha milik negara, pejabat badan usaha milik daerah, aparatur sipil negara, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, anggota Tentara Nasional Indonesia, dan kepala desa atau sebutan lain/lurah serta perangkat desa atau sebutan lain/perangkat kelurahan sebagaimana dimaksud Pasal 70 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu bulan atau paling lama enam bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 600.000 atau paling banyak Rp 6 juta.”(muamar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *