Kunker ke Kandanghaur Indramayu, Yoseph Umarhadi Bangun Pintu Air dan Revitalisasi Sungai

oleh

Anggota DPR RI Drs. Yoseph Umarhadi, M.Si., M.A melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Pareangirang, Kecamatan Kadanghaur, Kabupaten Indramayu, Jumat (07/09).

Dalam kunjungan kerja tersebut, kelompok petani di Desa Parean Girang, Kec. Kandanghaur, Indramayu mengeluhkan sejumlah masalah. Salah satunya adalah mengenai keterbatasan air.

“Kebutuhan petani adalah dibuatkan pintu air, khususnya di sungai Blendok, Indramayu. Ketersediaan air di sungai tersebut cukup melimpah, bisa mengairi lahan pertanian seluas 1000 hektare,” ujar Yoseph saat melakukan dialog dengan sejumlah petani.

Selain masalah air, lanjut Yoseph, Pantai Blendok Parean Girang juga memiliki potensi wisata mangrove yang bisa dikembangkan.

“Jika dikelola melalui program Agropolitan melalui Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) ditambah penanaman mangorve, maka bisa menjadi destinasi wisata yang menarik,” papar Yoseph.

Selain itu Yoseph juga menambahkan, masih ada harapan lain dari masyarakat Parean Girang, Kandanghaur, yaitu pengerukan dan pembersihan sungai yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Sungai di Desa Parean Girang kerap digunakan untuk buang kotoran juga buang sampah, sehingga kondisinya sangat kotor. Melalui program penanganan kawasan kumuh (Kotaku) dan pengerukan sungai, plus pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT), sungai tersebut akan kembali asri dan sesuai fungsinya,” tegas Yoseph.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *