oleh

MUI Imbau Masyarakat Berhati Hati Memilih Lembaga Investasi

-Tak Berkategori-149 views

CIREBON-MUI Kabupaten Cirebon mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam berinvestasi dengan memilih BMT yang memperhatikan prinsip-prinsip syariah dalam usaha dan perdagangannya.

Imbauan MUI tersebut terkait maraknya lembaga yang menawarkan investasi yang tidak sesuai prinsip-prinsip syariah seperti model CSI Group di Cirebon.

Pemerintah dan instansi terkait kami minta membina dan mengawasi kegiatan usaha investasi seperti PT CSI atau BMT CSI Syariah maupun lembaga keuangan serupa lain, secara proporsional dan profesional sesuai kewenangan masing-masing, agar masyarakat tak dirugikan secara material dan moral.

“Kami mengingatkan para investor, nasabah, maupun anggota BMT CSI Syariah Sejahtera berhati-hati dalam berinvestasi dengan memilih BMT yang memperhatikan prinsip-prinsip syariah dalam usaha dan perdagangannya,” jelas Ketua Badan Hukum dan Perundang-undangan MUI Kabupaten Cirebon, KH Mukhlisin Muzarie baru-baru ini.

Seperti diketahui MUI Kabupaten Cirebon mengeluarkan fatwa haram untuk CSI karena usaha penghimpunan dana investasi atau tabungan simpanan menggunakan akad mudharabah atau mudharabah mutlaqah tanpa menjelaskan produk-produk sebagai usaha untuk mengembangkan dana tersebut dinilai tak sesuai fatwa DSN MUI Nomor 2/2000 tentang Tabungan dan Fatwa DSN MUI Nomor 3/2000 tentang Deposito, hukumnya haram karena termasuk gharar.

Fatwa haram itu juga meliputi penyaluran dana investasi atau tabungan atau simpanan dari BMT CSI Syariah Sejahtera ke PT CSI dan dari PT CSI keperusahaan pialang. Begitu juga dengan penyimpanan dana melalui bank-bank konvensional diharamkan karena tak sesuai prinsip-prinsip syariah.

“Atas fatwa itu, MUI Kabupaten Cirebon merekomendasikan PT CSI Group meninggalkan usaha yang berbau riba dan gharar menuju usaha berdasarkan prinsip-prinsip syariah,” tegas KH Mukhlisin Muzarie.JC001

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *