Pedagang Pasar Menolak, Pembangunan Alfamart Jalan Terus. Bagaimana ini?

oleh

CIREBON, (JCO) – Ditengah penolakan masyarakat, khususnya pedagang kecil, pembangunan sebuah mini market lingkungan Pasar Guwa Kidul Kecamatan Kaliwedi terus berjalan.

Hebatnya, toko modern tersebut berani dibangun meski belum mengantongi izin dan diwarnai penolakan dari pedagang pasar. “Meski kami para pedagang menolak pembangunan Alfamart di lingkungan pasar tapi tetap ajah (mini market) dibangun,” ujar salah seorang pedagang pasar yang minta identitasnya dirahasiakan.
Dia mengaku khawatir pembangunan pasar modern tersebut akan berdampak pada keberlangsungan pedagang khususnya pemilik kios di lingkungan pasar yang menjual produk sejenis. “Kami pedagang kecil tidak habis fikir kenapa Alfamart tetap ngotot dibangun di lingkungan pasar. Apalagi kalau iya benar mereka belum mengantongi izin pendirian mini market ,” ujar pedagang yang mengaku telah mengadukan persoalan ini ke sebuah lembaga bantuan hukum.
Subhan, warga lainnya juga mengaku heran ada mini market nekat dibangun di lingkungan pasar meski belum mengantongi izin lengkap. “Ya sekalas Usaha nasional gak mungkin berani mbangun kalo belum ngantongi izin Gus. Ya paling tidak mereka sudah ada jaringan, bangun dulu urus izin kemudian….,” ujar dia di media jejaring facebook.
Seperti diberitakan sebelumnya, meski belum mengantongi dokumen perizinan, sebuah minimarket nekat di bangun di lingkungan Pasar Guwa Kidul Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Pengembang nekat membangun mini market meski mendapat penolakan dari para pedagang pasar.

Pantauan jurnalcirebon.com Rabu (10/1/2018) proses pembangunan mini market yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari pasar desa mulai berjalan meski baru mengantongi izin tetangga. Pembangunan toko modern ini dikecam para pedagang kecil karena dinilai telah menyalahi ketentuan mengenai pendirian minimarket yang tidak boleh dibangun dekat pasar tradisional dan usaha kecil sejenis.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon, Dini Dinarsih mengaku tidak akan mengeluarkan rekomendasi untuk pendirian minimarket yang tidak sesuai dengan ketentuan.

“Alfamart atau Indomart tidak akan seenaknya membangun (mini market), kalau belum ada sinyal hijau dari kita.
BPPT (dinas perizinan) juga kalau kita tidak mengeluarkan rekomendasi mereka tidak akan mengeluarkan izin,” tegas Dini.(amar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *