oleh

Pelancong Buru Oleh-oleh Kuningan

-Tak Berkategori-273 views

Kuningan – Berlibur tanpa oleh-oleh? Rasanya pasti ada yang kurang. Begitu juga bila berlibur ke Kab Kuningan. Para pelancong lokal, selalu membawa pulang buah tangan khas Kuningan.

Dari sekian makanan dan minuman, sirup jeruk nipis dan tape ketan, adalah dua jenis oleh-oleh yang banyak diburu. “Hari ini, tape ketan sudah ludes 100 ember sejak jam 10 pagi. Para pembeli terpaksa membeli merek lain, yang bukan favorit,” ujar Asep, pemilik Kios Oleh-oleh Khas Kuningan Azzahra, yang terletak di Jl Silwiangi Kuningan.

Begitu juga dengan sirup jeruk nipis peras. Para pelancong membeli sirup dengan merk yang lain, karena merek favorit ludes terjual. Meski ramai pembeli, tidak serta merta, para penjual makanan oleh-oleh khas, menaikkan harga.

“Masih seperti biasa, tape ketan isi 100 bungkus, masih dijual seharga Rp 60 ribu, yang isi 80 dijual Rp 55 ribu. Sirup juga demikian, Rp 15 ribu per botol. Sebagian besar sudah tahu harga normalnya,” kata Asep, Minggu(31/3/2013)

Murni, salah seorang pelancong dari Jakarta, mengaku sengaja membeli tape khas Kuningan sebanyak dua ember untuk oleh-oleh. “Tape ketan Kuningan memiliki ciri tersendiri, aroma daun jambu yang khas serta rasa manis yang pas tidak membuat sebal di lidah,” tutur Murni. (ceepo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *