Raja Monyet Itu Bernama Robert

oleh

rob

Kabupaten Cirebon – Jangan heran jika anda melihat sekelompok monyet bergerombol di pinggir jalan saat melintas lewat jalan raya Plangon Sumber yang menghubungkan Kabupaten Cirebon dengan Kabupaten Kuningan.

Di kawasan cagar wisata budaya ini terdapat ratusan monyet yang hidup secara berkelompok. Lokasi wisata Plangon sendiri hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Berdasarkan pengamatan Jurnal Cirebon, kawanan monyet di kawasan Plangon ini sangat jinak. Bahkanm sejumlah pengunjung terlihat sangat akrab dengan hewan jenis primata penghuni kawasan ini. Mereka memberikannya makanan seperti kacang, ubi, dan makanan lainnya tanpa takut diganggu kawanan ini.

Kawanan monyet ini pun saling berebut makanan yang dilempar pengunjung tersebut. Uniknya, kawanan monyet ini tidak berani mengambil makanan yang berserakan di tanah, begitu datang seekor monyet berbadan besar.

Ternyata monyet besar tersebut merupakan pimpinan mereka. warga setempat menamai raja monyet ini Robert. Kawanan monyet di Plangon sangat menghormati Robert yang oleh warga setempat dipanggil Mandor.

Konon, Robert menolak jika pengunjung memberi dia teh botol. Namun, begitu memberinya coca-cola, Mandor bakal langsung menanggaknya minuman bersoda tersebut.

“Kalau dikasih teh botol sama pengunjung biasanya Robert menolak, dia sukanya coca-cola,” ujar Ihwan, warga setempat. (Yuri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *