Tingkatkan Kesejahteraan dan Daya Saing Petani Gapoktan Madun Jaya Bentuk UPJA

oleh

Jurnalcirebon.com – Untuk mewujudkan percepatan tanam dan meningkatkan produksi ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Cirebon Gabungan Kelompok Tani Madunjaya Kaliwedi membentuk usaha pelayanan jasa alat mesin pertanian (alsintan).

Ketua Gapoktan Madun Jaya, Khasanudin mengatakan UPJA memberikan pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan alat dan mesin pertanian untuk mendapatkan keuntungan usaha baik di dalam maupun di luar kelompok tani/Gapoktan.

“Selain itu UPJA bertujuan meningkatakan daya saing dan perbaikan kesejahteraan petani,” kata Khasanudin usai pembentukan UPJA “Madun Jaya” Desa Guwa Kidul, Kamis (21/12/17).

Dia menjelaskan, pelayanan jasa Alsintan ini mulai dari penanganan kegiatan budidaya seperti jasa penyiapan lahan dan pengolahan tanah hingga pengolahan hasil pertanian seperti jasa memanen, perontokan, pengeringan dan penggilingan padi.

“Hasil usaha jasa alsintan ini, kata dia, untuk biaya operasional, perawatan dan investasi alsintan yang baru,” kata dia.

Sementara itu, Petugas Penyuluhan Lapangan UPT Balali Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Gegesik, Fanilia Nurhasanah dalam kesempatan itu mengatakan  kehadairan UPJA Madun Jaya diharapkan dapat memberikan mutu hasil yang lebih baik dan dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.

“Dengan penerapan alsintan dalam kegiatan usaha tani diharapkan meningkatakn kesejahteraan petani dan membantu program pemberintah mempercepat swasembada pangan,” kata dia.

Fani menambahkan, sebagai bagian dari kelompok tani, UPJA Madun Jaya diharapkan dapat melayani jasa sewa alsintan untuk kelompok tani tersebut. “Jika memungkinkan dapat melayani jasa sewa alsintan dari kelompok tani lain,” tandas Fani. (amar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *