oleh

Warga Kota Cirebon Banyak yang Belum Miliki E-KTP

-Tak Berkategori-100 views

JURNALCIREBON.COM  – Sedikitnya 15.934 warga Kota Cirebon belum memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP)-Elektronik atau e-KTP. Kekosongan blangko masih dialami instansi terkait.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon mencatat, jumlah penduduk wajib KTP 295.346 jiwa. Dari jumlah itu, 230.142 jiwa di antaranya terdata telah melakukan perekaman e-KTP.

“Sementara yang belum melakukan perekaman tercatat 15.934 jiwa. Artinya mereka belum punya KTP-Elektronik,” ungkap Kepala Disdukcapil Kota Cirebon Sanusi seperti dikutip sindo, Selasa (10/1/2017).

Selain belum melakukan perekaman, penyebab para penduduk belum memperoleh e-KTP akibat kekosongan blangko. Kondisi itu telah terjadi sejak sekitar akhir Oktober 2016 hingga kini.

Pihaknya belum dapat memastikan waktu ketersediaan kembali blangko yang kosong tersebut. Informasi yang beredar, blangko akan kembali terisi pada Januari ini. Namun, dia menyangsikan informasi itu.

“Sepertinya tak mungkin Januari karena kan harus melalui proses lelang dulu. Kemungkinan antara Februari-Maret, jadi kami cuma bisa menunggu,” katanya.

Sementara, bagi warga yang telah melakukan perekaman namun belum memperoleh e-KTP, Disdukcapil Kota Cirebon mengeluarkan surat keterangan pengganti e-KTP. Surat keterangan yang berlaku selama enam bulan sejak masa pengeluaran surat itu, dijamin Sanusi memiliki legalitas yang sama dengan e-KTP.

“Pokoknya legalitasnya sama dengan KTP. Warga tak perlu panik atau cemas dengan kondisi sekarang. Kami pun minta warga maklum dan bersabar sampai situasi normal,” tegasnya.(sindo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *